Cara Agar Hati Tetap Bersih

Cara Agar Hati Tetap Bersih
Menjaga Hati – Dalam arti fisik, hati adalah salah satu organ vital yang terdapat dalam tubuh kita, berwarna merah gelap yang memiliki fungsi untuk membantu pencernaan makanan dan proses metabolisme di dalam tubuh. Namun dalam arti psikologis, hati diartikan sebagai salah satu bagian terpenting dari unsur ruh yang menyuarakan kebenaran. Kehadirannya sebagai pemicu bagi manusia untuk mengambil keputusan dan merasakan segala sesuatu yang berbentuk psikis. Jika hati dalam pengertian ini menjadi rusak maka bisa mengakibatkan efek negatif terhadap perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari. 

Oleh karena itu, menjadi penting untuk menjaga hati agar tetap bersih dan terhindar dari penyakit. Ada beberapa Penyakit Hati yang penting untuk kita ketahui dan hindari diantaranya: iri hati, dengki, menghasut, fitnah, buruk sangka, dan khianat.

Adapun hasil rangkuman dari beberapa pendapat yang menjelaskan bagaimana cara dan pentingnya menjaga hati, yaitu sebagai berikut:

Pertama, menghindari menaruh rasa benci kepada orang lain. Untuk melakukan hal ini, kita butuh untuk senantiasa berpikir positif terhadap orang lain. Perasaan benci adalah bibit yang bisa tumbuh subur dan menjadi penyakit hati yang lain apabila tidak segera dimusnahkan. Dengan senantiasa berpikir positif terhadap sikap orang lain terhadap kita, maka kita akan terhindar dari rasa benci ini. Dengan kata lain, apabila orang berbuat jahat terhadap kita, maka jalan terbaik yang bisa kita tempuh adalah menanggapinya dengan sikap yang baik,bukan membalasnya dengan kebencian.

Kedua, tidak menjelek-jelekkan (tidak menggunjing).  Dalam filsafat manusia, diri kita dan diri orang  lain pada dasarnya adalah satu atau sama, yang membedakan hanya rupanya. Kita berasal dari unsur dan nenek moyang yang sama. Dan saya yakin tak ada orang yang ingin dijelek-jelekkan, kita pun tidak akan pernah menjelek-jelekkan diri kita sendiri. Oleh karenanya, menjelek-jelekkan orang lain pada dasarnya sama dengan menjelek-jelekkan diri sendiri. Di sisi lain, perilaku menjelek-jelekkan ini dapat merusak Hati. Dalam Islam dijelaskan bahwa “Barang siapa yang menutupi aib saudaranya, maka Allah akan menutupiaibnya di dunia maupun di akhirat, dan barang siapa yang membuka aib saudaranya, maka Allah akan membuka aibnya di dunia dan di akhirat” (Hadist Riwayat Muslim).

Ketiga, Ringan Tangan. Ringan tangan dalam pengertian ini adalah senantiasa bermurah hati, ikhlas dan tulus memberikan bantuan kepada orang lain yang membutuhkan bantuan kita, tentunya dengan batas kemampuan yang bisa kita berikan. Dengan membiasakan diri untuk membatu orang lain maka kita akan merakan pengalaman kebahagian tersendiri. Di sisi lain, bantuan terhadap orang lain akan menjadi referensi bagi orang tersebut apabila di suatu saat kita juga membutuhkan pertolongan atau bantuan.

Keempat, Jangan Egois. Egois adalah perilaku yang sangat penting untuk kita hindari. Sifat yang satu ini merupakan beban dan penyakit kronis yang bisa menyebabkan kita lupa diri dan lupa dengan lingkungan kita. Jangan terlalu banyak menuntut dari orang lain, sebab hal itu dapat memberatkan kita suatu saat. Sifat egois lain yaitu perilaku membela diri yang berlebihan atau tidak pernah mengakui kesalahan yang diperbuat.

Inilah empat Cara Agar Hati Tetap Bersih, semoga kita sadar dan selalu berusaha untuk menghindari penyakit hati di atas.
Share on Google Plus

About Motivasi Hidup Hari Ini

    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar: