Motivasi Melawan Rasa Takut

Motivasi Melawan Rasa Takut

Melawan Rasa Takut- Setiap tujuan pasti ada jalannya masing-masing, dan setiap jalan dilalui pasti ada hambatannya. Hambatan tersebut kadang kala diakibatkan oleh pengaruh dari luar maupun dari dalam diri sendiri. Pengaruh dari luar, misalnya berupa masalah (dibahas diartikel lain). Sedangkan pengaruh dari dalam diri kita adalah perasaan takut dan ragu-ragu.

Untuk menghindari atau melawan hambatan tersebut, dibutuhkan solusi yang sebenarnya ada dalam diri sendiri, semuanya ada dikemauan dari pembiasaan. Berikut beberapa cara Menghindari Rasa Takut tersebut:

Membuat Komitmen untuk Diri Sendiri
Kebanyakan orang kalah dan mundur dari jalannya untuk mencapai tujuan dan cita-cita, diakibatkan oleh tidak adanya komitmen yang kuat. Sebuah komitmen yang kuat akan memberikan motivasi kerja setiap saat bagi sesorang. Orang yang memiliki komitmen akan selalu berpegang teguh pada keinginannya untuk sampai di tujuan, dia punya harga mati, dia akan yakin tanpa dibayang-banyangi ketakutan.

Jangan Diperbudak Rasa Takut
Dalam proses perjalanan menuju tujuan, kadang kala rasa takut itu muncul secara tiba-tiba dan tidak disangka-sangka. Ketakutan tersebut wajar, namun bukan untuk kita nikmati dan larut dalam di dalamnya. Mengakui dan menerima rasa takut itu sah-sah saja, tetapi kita membutuhkan tekad dari dalam diri kita untuk mengatakan bahwa “Rasa takut bukan bos saya, saya harus terus berjalan”. Setelah itu bertindak dan fokus kembali pada tujuan yang akan kita tuju.

Ubah Persepsi Anda tentang Kegagalan
Semua orang ingin sukses dan tidak ingin gagal. Namun keinginan sukses tidak seharusnya membuat anda tidak siap berhadapan dengan kagagalan. Sebab, semua orang sukses pasti berkata dalam setiap motivasinya bahwa “jika ingin sukses, anda harus siap menerima kegagalan”. Artinya, kegagalan adalah bagian dari perjalanan hidup atau jalan anda menuju sukses. Jika kita mampu memandang kegagalan seperti ini, maka kita tidak akan mengalami frustasi berlebihan saat mengalami kegagalan. Kita akan menjadi tahan banting atau tidak putus asa dengan terpaan masalah atau kegagalan ini.

Ciptakan Kepercaan Diri dan Terobos Keraguan Anda
Perjalanan menuju impian atau kesuksesan pastinya tidak semulus dengan apa yang kita rencanakan dan hal itu wajar. Dengan adanya rintangan-rintangan itu, semua orang akan merasakan ketakutan, keraguan, atau stress. Namun dengan adanya perasaan-perasaan tersebut, pengalaman-pengalaman kita akan bertambah. Dan setelah kita merasakan dan melalui itu semua, kita akan belajar dan pengalaman pun bertambah. Ini juga adalah bagian dari poses kita dalam membentuk kemandirian, rasa percaya diri dan kesiapan menghadapi tantangatangan berikutnya. Yang terpenting adalah kita siap menerobos perasaan-perasaan itu dan terus melangkah.

Sugesti Diri untuk Memilih, Bukan Merasa Terpaksa
Cara ini mungkin adalah cara yang terbilang sangat sederhana. Namun dengan adanya kebiasaan melakukan hal ini, kita akan merasa lebih tulus mengerjakan target-target yang sebenarnya “harus” kita selesaikan. Contohnya adalah mengubah kata “Saya harus melakukan pekerjan ini” menjadi kata “Saya memilih melakukan pekerjaan ini”. Dengan mengganti kata-kata perintah tersebut menjadi kata-kata pertimbangan, kita akan merasa plong dan tidak merasa terpaksa melakukan pekerjaan  atau mencapai target-target kita.

Buatlah Pertanyaan Menginspirasi Untuk Diri Sendiri
Berikut bebeapa pertanyaan yang perlu anda tanyakan pada diri anda sendiri. Tanyakan pada diri anda, dan lihat bagaimana hasil dan motivasinya untuk anda:
  • Apakah impian saya cukup penting untuk merubah kehidupan sehari-hari saya?
  • Apakah saya ingin bertanggung jawab atas keputusan-keputasan dalam hidup saya?
  • Apakah saya memiliki keberanian dan keuletan untuk pergi menuju apa yang saya inginkan?
  • Apakah saya dapat menerima bahwa rasa takut adalah bagian dari perjalanan saya, dan bisa bergerak maju menerobosnya?
  • Biasakah saya menerima bahwa rasa takut bisa saja menguasai saya, jika saya membiarkannya?
Demikianlah beberapa Motivasi Melawan Rasa Takut. Sesungguhnya masalah bersumber dari dalam diri kita, dan semua solusinya ada di dalam diri kita pula. Selamat mencoba.
Share on Google Plus

About Motivasi Hidup Hari Ini

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment