Motivasi Agar Semangat Belajar

 Motivasi Agar Semangat Belajar

“Berikan seorang pria semangkuk nasi, dan kamu akan memberinya makanan untuk sehari. Ajarkan seorang pria memelihara padi, dan kamu akan memberinya makanan seumur hidup”
(Confusius)

Motivasi Belajar – Belajar adalah pekerjaan yang terkadang menjadi pekerjaan paling membosankan atau malah menjadi momok menakutkan dalam kehidupan sehari-hari. Keadaan ini adalah keadaan yang wajar, oleh karena kita sebagai manusia memiliki keinginan untuk selalu di posisi aman, enak dan santai. Kadang kala kita menganggap bahwa belajar adalah pekerjaan yang membuang-buang waktu dan energi. Contoh paling sederhana dari rasa malas yang timbul dari rasa malas belajar ini yaitu ketika belajar di kelas atau mengerjakan tugas-tugas sekolah atau kuliah. Namun kita jarang berpikir atau membalikkan kondisi malas itu. Dalam artian lain, kita kekurangan motivasi untuk membuat pekerjaan “belajar” itu menjadi pekerjaan yang menyenangkan.

Untuk menghilangkan rasa malas belajar itu, memang bukan pekerjaan yang mudah karena ini melibatkan emosi dan perasaan. Tetapi tidak ada salahnyauntuk selalu membiasakannya. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa memberikan sedikit dorongan bagi kamu untuk rajin belajar.

Yakini Bahwa Pelajaran yang Kamu Pelajari Berguna dalam Kehidupanmu
Ketidaktahuan kita akan arti penting dari materi yang kita pelajari, terkadang membuat kita tidak termotivasi untuk belajar. Misalnya saja, pelajaran bahasa Inggris. Oleh karena kita belum mengalami atau mengerti pentingnya bahasa Inggris, kita jadi malas atau ogah-ogahan dengan pelajaran tersebut. Padahal pengetahuan dan keahlian berbahasa Inggris di masa-masa yang akan datang terus dibutuhkan, baik dalam pergaulan di masyarakat, untuk jenjang studi, karir, jabatan dan seterusnya. Misalnya lagi, pelajaran matematika. Kita biasanya mengikuti pelajaran ini hanya karena ingin mendapatkan nilai yang baik, padahal matematika adalah ilmu yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Semua definisi, konsep dan teorema yang ada di dalamnya merupakan alat bantu untuk memecahkan masalah-masalah di lingkungan kita. Jadi, sebelum terlambat, berusahalah untuk merubah mind set atau cara pandang kita dalam belajar. Inilah rahasia kehidupan, kebahagian dan kepuasan akan didapatkan oleh kita  yang belajar sejak dini.

Fokuslah Pada Satu Bidang
Pada dasarnya, setiap orang memiliki potensi bakat dan minat di bdang tertentu. Oleh karena itu, sudah saatnya bagi kita untuk belajar menjadi ahli di bidang tersebut. Sebab, dengan menekuni bidang yang kita minati, kita akan memiliki motivasi tersendiri untuk terus belajar dan belajar. Satu hal yang perlu di ingat bahwa pengetahuan di bidang yang lain juga kita butuhkan dan tidak bisa kita abaikan. Namun, ada baiknya kita mempelajari semua pengetahuan itu, tetapi menekuni (mendalami) salah satu bidang yang paling kita minati.

Tumbuhkan Semangat Kompetitif dalam Dirimu
Semua sekolah memiliki standard sendiri dalam sebuah evaluasi dan hasil akhir. Hal ini memberikan kecenderungan bagi kita untuk berkompetisi di dalamnya, dan semua orang diarahkan untuk menjadi yang terbaik. Kondisi ini jangan sampai memberikan efek negatif secara psikologis terhadap dirimu dan lingkungan di kelasmu. Semangat persaingan secara sehat perlu ditumbuhkan, yaitu menjadi yang terbaik yang bisa menginspirasi teman-teman yang lain. Bukan menjadi yang terbaik dan lantas menjadi egois, atau sekali menjadi seorang pesimis yang selalu merasa tak mampu bersaing. Hasil akhir tak perlu kita pikirkan. Yang perlu adalah bagaimana usaha kita memahami materi yang kita pelajari.

Hadirkan Target dan Kejutan Untuk Dirimu Sendiri
Jika proses belajarmu begitu menegangkan,maka usahakanlah untuk menyederhanakannya dengan menyusun target atau langkah-langkah yang lebih sederhana untuk menyelesaikannya. Di setiap langkah yang telah kita selesaikan, upayakan untuk memberikan hadiah untuk dirimu.  Hal ini memberikan motivasi bagi kita untuk menyelesaikan langkah-langkah atau target selanjutnya. Misalnya saja, kita memiliki tugas persentasi di kelas. Susunlah langkah-langkah sampai persentasi tersebut sukses. Langkah pertama mungkin kita harus menyelesaikan bahan persentasi yang baik. Setelah pertama ini tercapai berilah hadiah untuk diri anda misalnya jalan-jalan atau nonton. Begitu juga pada langkah-langkah selanjutnya. Misalnya langkah kedua, memahami dan mempersiapkan penyajian materi, langkah ketiga mempersentasikannya dengan baik. Pokoknya, selesaikan targetnya, setelah itu manjakan dirimu.

Beradalah dalam lingkungan yang Mendukung dan Memberikan Motivasi
Setiap orang membutuhkan orang lain. Begitupun dalam bidang akademik, kita membutuhkan orang lain yang selalu ada saat kita sedang memiliki masalah, minimal motivasi dari mereka. Dengan kita berada dalam lingkungan yang memotivasi kita untuk ikut belajar, secara perlahan kita pun akan ikut bersemangat untuk belajar.

Saat Belajar, Lakukanlah Pekerjaan Yang Bisa Membuatmu Konsentrasi
Beberapa orang senang belajar dengan suasana hening (tenang), ada pula yang senang saat suasana ribut (bising). Ada yang senang belajar dengan mendengarkan musik, nononton tv, ngemil dan lain sebagainya. Apapun pekerjaan sambilan dalam belajar ini, yang penting adalah pekerjaan yang mana yang bisa membuatmu konsentrasi. Namun kebanyakan orang, mendengarkan music instrumen untuk belajar. Hal ini dikarenakan music instrumen mempengaruhi dan mengatur gelombang otak ke frekuensi gelombang Alpha (alam bawah sadar) yang membuat konsisi pikiran kita tenang saat belajar. Contoh instrumen yang cocok untuk belajar seperti music Beethoven dan Mozart.

Demikianlah beberapa Motivasi Agar Semangat Belajar. Selamat mencoba, semoga sukses.
Share on Google Plus

About Motivasi Hidup Hari Ini

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment