Motivasi Memulai Usaha Sendiri

Motivasi Memulai Usaha Sendiri

Memiliki Usaha Sendiri - Semua orang pasti menginginkan hidup suskses dengan usaha sendiri. Perjuangan membangun dan mengembangkan bisnis secara mandiri hingga bisnis tersebut menjadi sukses adalah dambaan semua orang. Namun, hal terberat untuk mencapai itu semua adalah pada fase “memulai”. Memualai bisnis memiliki tantangan tersendiri, sehingga membutuhkan mental dan perencanaan yang matang. Hal ini untuk kelangsungan usaha yang kita kembangkan itu.

Berikut beberapa Tips Memulai Usaha Sendiri:

Memulai dari yang Sederhana
Memilih produk dan jenis usaha yang akan dikembangkan merupakan hal pertama yang terkadang membuat seseorang kebingungan. Kebanyakan orang memilih untuk menciptakan sebuah produk yang unik, aneh dan langka untuk membuat usahanya laris manis. Sebenarnya, kita bisa memulai bisnis dari hal-hal sederhana disekitar kita. Yang terpenting adalah kita memperhatikan apa kebutuhan pasar atau kebutuhan orang dilingkungan tersebut. Intinya, tidak masalah ide usahanya sederhana, tetapi peluang pasarnya menjanjikan.

Branding atau Kemasan
Semua jenis usaha yang dikembangkan dengan menggunakan sebuah kemasan atau branding yang unik memiliki peluang penjualan yang lebih besar. hal ini dikarenakan produk yang kita jual memiliki identitas, ciri khas, dan keunikannya tersendiri. Ini menjadi penanda yang membedakan produk kita dengan produk yang lain sehingga memudahkan kita dalam melakukan promosi nantinya. Perlu diperhatikan bahwa unik bukan hanya pada jenis produknya, tetapi narasi yang mengikuti produk itu menjadi sangat penting. Coba saja perhatikan iklan-iklan di TV, semua produk dikemas oleh perusahaannya tersendiri, dengan ciri khas tersendiri, entah itu dari namanya, kemasannya atau pun tag line (baca: tema) dari produk tersebut.

Promosi
Setelah anda memiliki jenis produk beserta deferensiasi produknya (branding). Hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah membuka akses seluas-luasnya dalam melakukan promosi usaha anda. Sekarang sudah banyak media yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan produk usaha yang kita punya. Baik cetak maupun on line.
Dulunya, orang kebanyakan hanya beriklan melalui spanduk, banner, baliho dan media cetak seperti koran. Namun sekarang, berkat perkembangan lmu pengetahuan, kita sudah bisa dengan mudah memberitahukan produk kita kepada orang lain melalui media sosial seperti facebook, twitter, BBM, Blog, dan media sosial lainnya. Selain mudah, media ini juga bisa gunakan tanpa mengeluarkan biaya yang besar seperti di media cetak.

Menghias Interior Perusahaan dengan Kreativitas
Bagian interior atau dekorasi ruangan tempat/kantor usaha anda adalah hal kecil yang sangat penting. Dengan view (pemandangan) interior yang menarik, orang akan merasa nyaman dengan berkunjung di tempat usaha anda. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak selamanya interior yang menarik itu berasal dari biaya yang melimpah. Sisihkan modal anda untuk kebutuhan usaha anda yang lain. Guanakan imaginasi dan kreativitas anda dalam mendekorasi bagian interior toko atau tempat usaha anda. Misalnya saja dengan merangkai barang-barang bekas, tata letak lukisan, kolaborasi warna pada cat yang digunakan, pot bunga, air mancur mini, dan seterusnya.

Manjakan Pelanggan Anda
Semua orang akan merasa butuh (kecanduan) berbelanja di tempat anda, jika pelayanan dilakukan dengan sepenuh hati. Oleh karena itu, anda perlu memberikan menyiapkan seluruh perangkat yang bisa memudahkan pelanggan berbelanja di tempat anda. Anda perlu memperhatikan segala kebutuhan pelanggan, dimulai sejak ia memasuki sampai keluar dari toko/tempat usaha anda. Lebih khusus untuk bagian pembayaran, gunakan opsi pembayaran yang memudahkan pelanggan. Misalnya saja untuk pembayaran dengan menggunakan kartu kredit atau pembayaran lewat on line.

Demikianlah beberapa Motivasi Memulai Usaha Sendiri. Semoga bermanfaat untuk kita semua.
Share on Google Plus

About Motivasi Hidup Hari Ini

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment