Cara Memotivasi Diri Sendiri

Cara Memotivasi Diri Sendiri

“Tuhan membantu mereka yang membantu dirinya sendiri”
(Benjamin Franklin)

Motivasi Diri - Seperti yang kita ketahui, segala sesuatu yang ada di dunia ini diciptakan secara berpasang-pasangan. Termasuk keadaan dalam keseharian kita. Ada susah, ada senang. Ada peluang, ada tantangan. Ada masalah, ada solusi. Namun terkadang kita sebagai manusia tidak sadar dan tak mau menerima salah satunya. Kita cenderung mengutuk hal-hal negatif yang menghampiri kita. Padahal yang negatif tersebut adalah salah satu ujian, tantangan sekaligus pelajaran berharga untuk kita lewati. Itulah proses pendewasaan diri.

Agar kita mampu melewati proses tersebut dengan baik, maka jalan terbaik yang bisa kita tempuh adalah dengan memotivasi diri sendiri. Kita harus memiliki komitmen kesadaran untuk senantiasa “move on” tanpa batas. Berikut beberapa cara taktis melakukannya:

Selalu Antusias
Hidup adalah ladang luas untuk berbuat, berkarya dan menghasilkan sesuatu yang besar. Oleh karena itu, bangkitkan dan jagalah motivasi anda untuk melakukan segala hal yang ingin anda kerjakan. Sebab modal besar untuk mencapai tujuan yang anda rencanakan adalah keinginan itu sendiri.

Selalu Konsisten
Untuk Motivasi Diri ini, komitmen saja belum cukup. Ibaratnya, komitmen hanyalah modal, sedangkan konsistensi (keadaan diri yang tidak pernah menyerah dalam menggapai tujuan) adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan hasil. Dengan sikap konsisten ini, kita akan kokoh dari terjangan masalah. Intinya, fokus dengan cita-cita anda.

Selalu Menghargai Diri Sendiri
Dalam menggapai tujuan yang telah anda cita-cita, tentunya ada sikap yang anda ambil. Misalnya saja, jika anda behasil mengerjakan pekerjaan secara sempurna, maka hargailah prestasi tersebut dengan mengatakan “saya memang bisa, saya harus berkembang terus”.

Selalu dalam Keadaan Awas
Kata awas dalam hal ini adalah selalu memposisikan diri dalam keadaan hati-hati dan waspada dengan keadaan diri kita. Oleh sebab tujuan utama kita adalah membahagiakan diri sendiri maka menjadi sangat penting untuk memperhatikan segala sesuatu yang menyangkut kepentingan diri kita. Hal-hal kecil juga perlu diperhatikan untuk mencapai tujuan yang besar. Misalnya saja, kita adalah orang yang malas bangun pagi. Posisi awas ini kita lakukan dengan menjadikan bangun pagi sebagai rutinitas yang perlu dipertahankan. Memang, kelihatannya pekerjaan tersebut adalah pekerjaan kecil. Namun melatih diri kita untuk keluar dari zona nyaman memberikan motivasi tersendiri bagi kita untuk melakukan hal yang lebih besar.

Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain
Oleh sebab kita diciptakan berbeda-beda. Tipikal, karakter, kondisi fisik dan cara berpikir berbeda dengan orang lain. Maka secara logika, pikiran kita yang selalu  membandingkan diri dengan orang lain menegasikan keadaan yang seharusnya. Artinya, itu adalah salah satu bentuk dari kesalahan berpikir. Dalam arti yang lebih sederhana, diri kita adalah diri kita, diri orang lain adalah diri orang lain. Prestasi orang lain hanya untuk kita pelajari, bukan untuk diberikan perhatian berlebih dengan perasaan iri. Kita hanya perlu berbenah setiap saat dari kekurangan yang kita miliki. Kita hanya perlu untuk senantiasa berusaha lebih baik tanpa terganggu dengan prestasi orang lain.

Kelima hal tersebut adalah Cara Memotivasi Diri Sendiri, selamat mencoba, selamat berlatih.
Share on Google Plus

About Motivasi Hidup Hari Ini

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment