Motivasi agar Senang Setiap Saat

Motivasi Agar Senang Setiap Saat

Ini bumi, tempat yang luas penuh kenangan. Ada sedih, ada senang, duka, suka, ketika bisa semuanya dirasakan, hati berfungsi dengan baik
(Pidi Baiq, Imam Besar The Panas Dalam Bank)

Kutipan ringan di atas memberikan informasi yang padat dan jelas tentang fungsi hati menerima keadaan. Hati adalah bagian paling dasar dari diri manusia. Sedangkan manusia (jiwa) mampu mengatur hati untuk menjadi senang atau sedih. Tergantung kebiasaan saja. Dan berikut beberapa rangsangan untuk membuat hati tetap Senang, tetap tenang:

Pertama, Realistis Memandang Hidup.  Pantangan terbesar yang paling sering membuat sebagian besar orang lupa dengan keadaan sebenarnya adalah perasaan takut dan khawatir. Padahal, perasaan khawatir ini hanyalah buah pikiran yang tidak musti ditanggapi secara berlebihan. Dia semacam teror dari dalam diri kita yang memungkinkan kita tidak bertindak sewajarnya. Selain menguras pikiran, rasa khawatir itu bukan keaadaan nyata atau bahkan tidak pernah terjadi sama sekali.

Kedua, Sistematis Menghadapi Masalah. Sebagaimana yang kita ketahui, manusia adalah makhluk hidup yang diciptakan begitu kompleks, dan mungkin itulah alasan mengapa ia disebut sebagai ciptaan paling sempurna dari Tuhan. Masalah tidak akan pernah lepas dari semua sisi kehidupan yang dialami manusia. Dan oleh karena kita adalah salah satu dari jenis ini, maka kita berhak untuk tau bagaimana berteman dengan masalah itu. Caranya sederhana, yaitu dengan selalu berusaha fokus menyelesaikan masalah tersebut satu per satu. Dalam hal ini, tidak mencampuradukkan antara masalah yang satu dengan yang lainnya. Sebab perilaku yang tidak sistematis itu membuat pikiran semakin jauh dari kata tenang.

Ketiga, Menjadi Manusia Pemaaf. Persoalan lain yang bisa dikategorikan sebagai ‘hama’ dalam pikiran kita adalah rasa dendam. Memelihara dendam sama halnya dengan memelihara rumput liar. Ia adalah beban, dan kita tidak perlu boros tenaga memendamnya. Pikiran dan hati kita ibarat tanaman yang indah, butuh dijaga dari hama dendam ini. Caranya adalah dengan menjadi orang yang pemaaf dan tidak terganggu dengan kesalahan orang disekitarnya.

Keempat, Keluar dari Buaian Masa Lalu. Seindah atau setragis apapun masa lalu anda. Masa lau tetaplah masa lalu. Hanya untuk dikenang, bukan untuk dikenakan. Ia adalah kehidupan usang yang harus ditanggalkan dari masa kini dan yang akan datang. Jika tidak, ia akan menjadi hantu yang menakutkan atau sekali menjadi keindahan yang memenjarakan kehidupan sekarang atau masa depan anda. Anda yang sekarang punya cerita sendiri. Lalu untuk apa lagi masa lalu dimanjakan setiap saat? Senang selalu dengan kehidupan anda hari ini.

Kelima, Bersyukur dan Ikhlas. Bersyukurlah untuk segala nikmat, dan ikhlaslah untuk segala situasi. Manusia punya kekuatan untuk berusaha, sedang Tuhan punya kebijakan untuk menentukan. Maka, alangkah nikmatnya menjadi manusia progressif, manusia yang senantiasa berusaha dengan segala upaya, dan mengikhlaskan hasilnya pada ketentuan Tuhan.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Motivasi agar Senang Setiap Saat. Selamat membiasakan diri untuk selalu senang...
Share on Google Plus

About Motivasi Hidup Hari Ini

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment