Motivasi Jadi Diri Sendiri

Motivasi Jadi Diri Sendiri

Jadi Diri Sendiri- kita semua pasti pernah berpikir dan bertanya, siapa diri kita? Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang kedengarannya sedehana, namun memiliki makna luas dan mendalam. Setiap orang memiliki karakter, potensi, dan bakat terpendam. Namun tidak semua orang mampu melihat secara menyeluruh dan melepaskan kekuatan itu dalam dirinya. Hal ini dikarenakan adanya tirai atau pembatas yang menyembunyikan kekuatan itu dari penerawangan orang itu sendiri. Orang-orang besar atau orang yang mampu melejitkan dirinya menjadi diri sendiri pada dasarnya adalah orang yang mampu menyesuaikan kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam  dirinya hingga mampu mengarungi kehidupan apa adanya sesuai kebihan dan kekurangannya itu.

Be Your Self”, atau “Jadi Diri Sendiri”. Kata-kata ini sering kita dengar dari motivator manapun yang pernah ada. Silahkan anda rasakan sendiri, setiap mendengar kata-kata tersebut, pasti ada motivasi sendiri yang timbul dari dalam diri anda sendiri. Ini membuktikan bahwa dalam diri kita ada unsur yang ingin melepaskan diri untuk mengubah anda menjadi apa adanya sesuai dengan apa yang anda miliki. Lalu, bagaimana cara memaksimalkan kekuatan yang terpendam itu? Mungkin cara berikut, bisa membantu.

Menerima atau Mencintai Keadaan Diri Sendiri
Tampil apa adanya sesuai dengan keadaan diri sendiri menjadi modal dasar yang paling penting dan musti ada sebelum proses selanjutnya bisa kita lakukan. Tanpa ini, kita hanya akan kehabisan waktu memngutuk diri sendiri, membenci diri sendiri, ingin menjadi oang lain dan seterusnya. Apa yang diciptakan oleh Tuhan patut kita terima, termasuk diri sendiri. Keadaaan kita yang terlahir seperti sekarang adalah nikmat yang tidak terkira. Yang penting untuk kita lakukan adalah menggali lebih dalam kekuatan apa yang kita miliki dan bisa menginspirasi orang lain.

Berhentilah Mengeluh
Tahukan anda, mengeluh ada pekerjaan paling sia-sia?. Mengeluh adalah pekerjaan tanpa hasil yang menghabiskan waktu, menguras tenaga, pikiran, dan perasaan. Berkeluh kesah tidak akan menyelesaikan masalah. Justru dengan mengeluh, kita akan menambah masalah dan beban bagi diri sendiri. Alangkah lebih baik jika kita menerima keadaan, kelemahan dan kesalahan yang kita lakukan dan belajar dari itu untuk menjadi lebih baik di waktu-waktu berikutnya.

Jangan Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain
Anda adalah anda, tidak mungkin jadi orang lain. Apa yang kagumi pada diri orang lain belum tentu cocok dengan diri anda. Kelebihan yang dimiliki orang lain jangan sampai mempengaruhi kejiwaan anda, dan anda menjadi pesimis dengan keadaan itu. Jauh lebih baik berusaha memperbaiki diri untuk menjadi diri sendiri yang lebih baik dari pada anda terus-terusan menaruh rasa cemburu dengan apa yang dimiliki orang lain.

Jadi Diri Sendiri Untuk Siapa Saja
Setelah kita menerima keadaan kita apa adanya. Proses selanjutnya yang tak kala pentingnya adalah menjadi diri sendiri di hadapan orang lain. Apapun tanggapan orang terhadap kita, itulah adanya kita. Menjadi jujur terhadap diri sendiri dan orang lain lebih baik dari pada berpura-pura menjadi orang lain untuk bisa diterima oleh semua orang. Sungguh, menjadi orang lain sama halnya dengan hidup dalam kepura-puraan.

Hal Nagatif Dalam Diri Kita adalah Hal yang Wajar
Apa yang ada dalam diri anda, ada yang baik dan ada yang kurang baik menurut orang lain. Anda harus menerima keadaan kurang baik itu sebagai bagian dari diri anda. Kalau ada orang yang kemudian menjadi risih dan  tidak suka dengan keberadaan anda, maka acuhkan saja. Toh, memang kita ini adalah manusia, tidak sepurna, bukan malaikat, bukan Tuhan. Jadi apapun yang dikatakan orang lain, jangan diambil hati. Cukup berudaha saja menjadi lebih baik dan mengikuti kata hati, bukan kata orang lain.

Menemukan Diri Sendiri
Hidup memang bukan milik sendiri dan kita tidak mampu hidup sendiri, kita membutuhkan orang lain. Dengan adanya orang lain di sekitar kita pula, kebanyakan waktu kita habiskan untuk berinteraksi dengan orang lain misalnya teman, keluarga, pacar, rekan kerja dan sebagainya. Namun dibalik kesibukan itu, kita harus mengupayakan menyediakan waktu untuk diri kita sendiri. Waktu itu kita gunakan untuk menyenangkan atau mengevaluasi diri sendiri.

Demikianlah beberapa Motivasi Jadi Diri Sendiri, semoga bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba.
Share on Google Plus

About Motivasi Hidup Hari Ini

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Makasih sharingnya.
    membantu banget untuk keadaan saya saat ini.

    Salam,
    LK

    ReplyDelete