Motivasi Menghadapi Masalah

Motivasi Menghadapi Masalah

Cara Menghadapi Masalah – Seperti yang kita ketahui, masalah adalah ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi sebagai perekat atau unsur yang mampu menyelaraskan antara harapan dan kenyataan tesebut. Secara teknis, solusi tersebut lahir tergantung oleh jenis masalah apa yang dihadapi. Misalnya saja, masalah  yang berkaitan dengan konflik rumah tangga atau hubungan pertemanan. Solusi yang dihasilkan biasanya berupa upaya untuk saling memaafkan.

Dalam artikel ini, kita tidak akan mengurai solusi memecahkan masalah. Tetapi kita akan membahas bagaimana memaksimalkan potensi atau kekuatan dalam diri dalam menghadapi masalah apa saja yang dihadapi. Berikut Tips Menghadapi Masalah tersebut:

Tetap Sabar
Sebuah pelesetan  yang mengistilahkan sabar sebagai ilmu tingkat tinggi oleh sebab belajarnya tiap hari, latihannya setiap saat dan ujiannya sering datang mendadak. Kalimat ini memang hanya pelesetan dari sebuah proses belajar, tetapi dibalik kata-kata tersebut mengandung makna yang mampu mengilhami kita bahwa sabar adalah sebuh kekuatan yang harus dilatih.

Jika dikaitkan dengan masalah, sabar adalah sebuah pondasi dasar yang harus dimiliki sesorang untuk menghadapi masalah tersebut. Tanpa kekuatan sabar ini, potensi kita untuk menjadi stress atau frustasi akibat masalah akan lebih besar. Dengan kata lain,  kesabaran menjadikan kita untuk mampu mengendalikan diri, tidak dikuasai oleh hawa nafsu, dan tidak ceroboh.

Tetap Tenang
Jika kita memadang masalah sebagai musuh, maka kita akan cenderung menghindarinya ketika ia menghampiri. Tetapi jika anda memandangnya sebagai teman dalam kehidupan ini, maka kita akan menghadapinya dengan cara yang taktis. Salah satu faktor yang menghambat kita dalam menyelesaikan masalah adalah sikap kita yang selalu panik dan terburu-buru. Padahal, dengan sikap tersebut, justru akan menambah masalah baru.

Ketika masalah datang, sikap tenang tidak akan datang dengan sendirinya. Dibutuhkan kekuatan dalam diri untuk mengahadirkannya. kekuatan itu berupa keinginan dan pembiasaan. Silahkan anda coba saat anda didekati oleh masalah, bangkitkan keinginan dari dalam diri anda untuk tetap tenang, tidak terbebani oleh masalah. Setelah anda mencoba, silahkan biasakan. Tanpa anda sadari, masalah-masalah selanjutnya akan anda hadapi dengan lebih mudah.

Selalu Berdoa
Percaya atau tidak percaya, manusia memiliki unsur ruh dalam dirinya. Ruh tersebutlah yang sesungguhnya menggerakkan potensi dalam diri manusia, termasuk sikap sabar dan tenang tersebut di atas. Maka menjadi fitrah manusia pula untuk seharusnya selalu dekat dengan diri sendiri (baca; ruh). Ruh ini ibarat sebuh chip yang tertanam dalam diri manusia yang bisa merasakan Kebenaran dan melawan hawa nafsu.


Oleh karena itu, dibutuhkan do’a sebagai bagian dari proses kontemplasi yang mampu membangkitkan potensi ruh tersebut. Dalam artian sederhana, kita berdo’a bukan semata-mata sebagai bentuk kepasrahan mengembalikan permasalahan kepada Tuhan. Tetapi dengan selalu berdo’a di saat masalah datang, kita telah membangkitkan sikap sabar dan sikap tenang itu sendiri.

Demikianlah, Motivasi Menghadapi Masalah yang terlihat cukup sederhana namun cukup sulit. Tetapi penulis yakin, dengan komitmen dan pembiasaan, semuanya akan jadi mudah.
Share on Google Plus

About Motivasi Hidup Hari Ini

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment