Motivasi Menghilangkan Stres

Motivasi Menghilangkan Stres

Cara Menghilangkan Stres- Stres sebagai gangguan psikologis berada satu tingkat di atas rasa pusing dan bisa menyerang siapa saja. Terlebih lagi bagi orang-orang yang memiliki aktivitas yang padat. Stres juga bisa menyerang orang-orang yang memiliki masalah berat. Jika tidak terkendali, stres ini bisa mengganggu fisik dan mental anda. Bila ini terjadi, aktivitas keseharian anda akan terganggu pula.

Berikut beberapa Tips Melawan Stres ini:

Tertawa Sesering Mungkin
Tahukah anda bahwa tertawa adalah salah satu obat mujarab menghilangkan stres? Beberapa pakar psikologi mengatakan bahwa  tertawa dan perasaan terhibur dapat membawa dampak yang sangat baik untuk kesehatan emosi. Oleh karena itu, ambillah beberapa kesempatan untuk tertawa dan bercanda dengan keluarga, teman, atau rekan kerja anda. Atau carilah aktivitas yang bisa membuat perasaan anda terhibur. Buatlah keseharian anda dipenuhi dengan rasa senang.

Biasakan Menolong Orang Lain
Salah satu hal yang bisa menghindarkan anda dari perasaan stres adalah dengan membantu orang lain. Tanpa disadari, dengan membantu orang lain kita akan merasakan kepuasan tersendiri. Kepuasan berbuat baik dan menolong orang lain ini akan membuat anda bangga dengan diri sendiri. Dengan jalan ini pula, anda tidak akan berlarut-larut mencari kepuasan. Karena salah satu penyebab stres adalah sulitnya kita mendapatkan rasa bangga dan kepuasan di dalam diri kita.

Curhat
Penyebab lain dari timbulnya stres adalah seringnya kita memendam sendiri perasaan gelisah dan kegundahan. Perasaan-perasaan ini, jika disimpan sendiri bisa menngkatkan tekanan batin. Dan tekanan batin yang tidak teratasi akan mengakibatkan stres. Oleh karena itu, upayakan untuk selalu berbagi dengan orang-orang dekat anda. Berceritalah dengan mereka akan masalah-masalah anda. Dengan itu semua, kita akan merasa lebih plong, perasaan kita akan terasa lebih ringan dan kita telah membebaskan rasa gelisah yang terpenjarakan dalam hati kita.

Mengatur Rencana
Rencana yang anda buat, akan membantu anda terhindar dari stres. Hal ini disebabkan karena anda telah memiliki visi dan prioritas yang akan anda tempuh. Dengan visi yang jelas tersebut, anda akan lebih mudah mengambil sikap, dan tidak memiliki banyak pikiran-pikiran sumbang yang bisa mengganggu mental anda.

Makan Makanan yang Manis-manis
Sudah menjadi rahasia umum dan mungkin sebagian dari kita telah banyak membuktikannya, bahwa makanan manis akan banyak memperbaiki mood saat perasaan “galau” atau jengkel. Hal ini diakibatkan oleh karena glukosa yang terkandung dalam makanan manis yang kita makan itu mampu memicu otak untuk menyerap lebih banyak trytophan dan melepaskan hormon serotonin yang bisa memperbaiki mood kita. Oleh karena itu, saat pikiran menghampiri stres, upayakan untuk mendapatkan makanan yang manis-manis seperti coklat dan sejenisnya untuk memperbaiki mood anda.

Perbanyak Olahraga
Selain karena pengaruh masalah, potensi stres pada seseorang juga biasanya diakibatkan oleh tidak lancarnya peredaran darah. Oleh karena itu, olahraga menjadi sangat penting sebagai kegiatan yang bisa melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. Olahraga akan membantu menyegarkan tubuh, termasuk hati dan pikiran kita.

Sentuhan “Si Dia”
Saat anda merasa stres, jangan menghindar atau melampiaskan rasa stres anda pada pasangan anda. Sebab, sentuhan dari pasangan anda akan sangat membantu menurunkan stres ini. Banyak orang dan para ahli membuktikan bahwa dengan ciuman dan pelukan pasangan, akan membantu seseorang dalam menangani stres.

Dapatkan Tempat atau Barang Favorit Anda
Tempat yang indah atau melihat barang-barang yang bisa menyenangkan hati anda sangat membantu dalam mengurangi stres. Kunjungilah tempat favorit anda saat anda merasa stres, dalam hal ini tempat-tempat yang bisa menyegarkan pikiran anda. Atau jika anda tidak punya banyak waktu, carilah barang-barang favorit anda (misalnya: kembang). Barang tersebut bisa anda tempatkan dikantor, sehingga dengan melihatnya kadar stres anda pun berkurang.

Demikian Motivasi Menghilangkan Stres. Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About Motivasi Hidup Hari Ini

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment